Jenis Kelompok Hewan Yang Termasuk Herbivora Adalah ?

Jenis Kelompok Hewan Yang Termasuk Herbivora Adalah ?
Pengertian Herbivora adalah merupakan jenis atau kelompok hewan organisme pemakan tumbuhan. Asal kata penamaan Herbivora dalam bahasa latin yaitu Herba dan Vorare. Pengertian kata Herba mempunyai makna "tumbuhan rumput" sedangkan pengertian kata Vorare "memakan/pemakan". Hewan yang memakan tumbuhan/rerumputan dikenal dengan sebutan Hewan Herbivora.

Ciri Hewan Herbivora

Ciri khas dari hewan herbivora sendiri sebagai makanan pokok sehari-hari adalah sejenis tumbuhan atau rerumputan/ilalang. Ciri lainnya adalah memiliki banyak geraham, berkaki empat, berdarah panas, beranak, mamalia dan hidup di daratan.

Contoh Hewan Herbivora

Sebagai pemakan tumbuhan/rumput maka hewan herbivora sangat mudah dikenali sebagai contoh adalah seperti gambar diatas meliputi Rusa, Kelinci, Kambing, Sapi Kerbau, Koala, Gajah, Panda dan banyak hewan pemakan tumbuhan lainnya yang bisa anda ingat setiap saat. Jenis makanan hewan herbivora juga menjadi beberapa kelompok seperti penjelasan singkat dibawah ini :

Jenis Makanan Herbivora

Tidak semua hewan Herbivora memakan tumbuhan atau rumput yang sama, terdapat berapa jenis tumbuhan yang dimakan hewan Herbivora menjadi beberapa kelompok yaitu :
  • Granivora, pengertian Granivora adalah kelompok hewan herbivora yang memakan biji-bijian. Contoh hewan dalam kelompok Granivora adalah Burung Kenari Burung Pipit dan lainnya.
  • Frugivora, pengertian Frugivora adalah suatu kelompok hewan yang kesehariannya memakan buah-buahan. Contoh hewan kelompok Frugivora adalah seperti Kalelawar, Burung Cucak, Luwak dan masih banyak lagi.
  • Folivora, pengertian Folivora adalah jenis hewan herbivora tetapi dalam kelompok pemakan daun-daunan. Contoh hewan folivora pemakan dedaunan yang paling dan sering kita lihat dan mudah dikenali adalah Ulat Sutra, Belalang dan jenis ulat lainnya.
  • Nektivora, pengertian Nektivora adalah jenis hewan herbivora namun makanan kesehariannya nektar. Nektar adalah sari bunga yang  terdapat dalam bunga yang kaya akan gula. Contoh pemakan nektar adalah Madu, kupu-kupu dan lainnya.    
Itulah pengertian, jenis, kelompok dan makanan hewan herbivora. Hewan herbivora sendiri mempunyai kelompok yang  berbeda tergantung jenis makanannya. Dilihat dari aspek lingkungan jenis hewan herbivora lebih condong hidup didarat daripada di air. Selamat Belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel